-->

Perbedaan Blogspot dan Wordpress dalam SEO


Orang - orang yang sering berkelut dalam dunia blogger tentunya tidak asing dengan Wordpress dan Blogspot. Dua blog building yang sama, namun memiliki rasa yang berbeda tergantung penggunanya. Kedua jenis blog ini tentu memiliki rasa yang berbeda - beda. Mari kita kupas kedua jenis ini dengan sedikit ilmu SEO dan kegunaannya dalam hal index om Google.
Blogspot
Blogspot merupakan salah satu milik Google. Oleh karena itu, tentu saja lebih cepat terindeks oleh Google. Setiap postingan baru yang berada di blogspot hanya membutuhkan beberapa jam saja untuk dapat berada di halaman Google Search. Selain itu, Blogspot tentunya gratis dan tidak terlalu membutuhkan banyak teknik SEO untuk membawanya kepada Page 1 Google.
Hal ini tentunya terlepas dari SEO on Page ya. Maksudnya, SEO yang kita bahas disini adalah SEO Off page. Jadi, faktor penting yang kita bahas disini adalah struktur pembentukan blog. Jika kita menggunakan blogspot, kita hanya membutuhkan template yang clean, ringan, dan meta yang lengkap. Secara default, desain blog bawaan Blogspot sudah termasuk clean, namun banyak orang yang kurang suka dengan desain tampilan yang terlampau sederhana. Akibatnya, banyak blogger yang menggunakn template dari Developer untuk digunakan di blog masing - masing.
Konfigurasi terhadap blogspot pun tidak terlalu rumit, cukup mencari tutorial di internet dan berbagai forum sudah mendapatkan yang kita cari.
Wordpress
Wordpress merupakan saingan dari Blogspot. Setiap anda mencari di Google Search, tentu banyak website yang menggunakan blogspot. Namun, anda juga dapat melihat banyak wordpress yang masuk ke Page 1 Google Search. Mengapa bisa begitu ?. Wordpress merupakan CMS yang ringan daripada Joomla dan Drupal. Namun, Blog yang menggunakan Wordpress membutuhkan Plugin - plugin yang tepat untuk dapat memasuki Page 1 Google Search ini. Jika Wordpress polos tanpa menambahkan plugin, maka blog anda akan terlihat seperti jarum di tumpukan jerami. Percuma jika artikel sangat SEO dan menarik, namun meta tag, description, title dan lain - lain tidak dapat ditemukan di blog anda. Cara kerja Google Bot salah satunya adalah dengan melihat meta dari sebuah website sehingga ini adalah hal yang vital.  Meskipun begitu, kostumisasi dari wordpress sangat beraneka ragam dan kaya akan plugin sehingga jauh di atas blogspot jika dalam hal tampilan blog.
Dari penjelasan di atas, penulis lebih mengusulkan para newbie untuk menggunakan blogspot karena gratis dan tidak membutuhkan waktu lama untuk dapat terindeks di Google. Namun, tentu saja terbatas dengan tampilan yang jauh dibawah Wordpress. Meskipun begitu, bagi pengguna dengan artikel dan konten yang sudah banyak, penulis sarankan untuk menggunakan wordpress karena plugin yang dapat membantu untuk managemen.
Sekian dari penulis, semoga bermanfaat.

0 Response to "Perbedaan Blogspot dan Wordpress dalam SEO"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel